30+ Pertanyaan Umum tentang Google Ads dari A sampai Z

30+ Pertanyaan Umum tentang Google Ads dari A sampai Z

Apakah Anda tahu bahwa pertanyaan umum tentang Google Ads seringkali menjadi bahan pencarian bagi pengiklan? Pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan penjelasan secara lebih detail sehingga Anda sebagai pengiklan tidak perlu mencari-cari tentang apa saja yang mesti diketahui tentang Google Ads atau Google AdWords.

Sebelum itu saya ingin menjelaskan perbedaan Google Adsense & Google Ads karena masih banyak pengguna yang sulit membedakan antara Google Adsense dan Google Ads. Keduanya merupakan produk Google yang berbeda dalam definisi maupun fungsinya. Sebelumnya, saya sudah membahas mengenai apa itu Google Adsense dan pertanyaan umum (https://www.centerklik.com/pertanyaan-google-adsense/), sekarang saya akan membahas mengenai pertanyaan umum tentang Google Ads dari A sampai Z.

Apa Itu Google Ads atau Google AdWords?

Secara definitif, Google Ads adalah program periklanan keluaran Google yang dapat pengguna pakai guna meningkatkan engagement, penjualan produk, memperkenalkan brand, dan lain sebagainya. Dari sini sudah tampak bahwa antara Google Ads dan Google Adsense perbedaan utamanya terletak pada posisi pengiklan.

Jika Anda ingin mengiklankan situs web (sebagai advertiser), maka menggunakan Google Ads. Sedangkan kalau ingin mendapat upah karena menampilkan iklan (sebagai publisher), bisa mendaftar Google Adsense.

Sebelum memulai menggunakan program iklan ini, sebaiknya memahami apa saja pertanyaan umum tentang Google Ads yang sering advertiser tanyakan.

1. Bagaimana Cara Kerja Google Ads/Iklan Google?

Cara kerja Google Ads dengan membuat iklan berdasarkan kata kunci, iklan tersebut target (pengguna internet) lihat berdasarkan kata kunci yang kita bidik, iklan tersebut menarik mereka. Pada akhirnya meningkatkan customer maupun penjualan.

2. Jenis Kampanye dalam Google Ads?

Ada 8 jenis kampanye dalam Google Ads, di antaranya: penelusuran (iklan teks), display (gambar), video (iklan video), shopping (daftar produk di Google), discovery (feed online), aplikasi (promosi aplikasi), lokal (promosi lokasi), dan pintar (kampanye sederhana dan menyesuaikan).

3. Apa Perbedaan antara Google Adwords dan SEO?

Perbedaan utama antara Google Ads dengan SEO adalah berbayar dan tidak. Google Ads membutuhkan biaya supaya muncul di halaman 0 (paling atas) di SERP, sedangkan SEO tidak membutuhkan biaya untuk muncul di halaman 1 di SERP.

4. Keunggulan dan Kekurangan dalam Google Ads?

Google Ads punya keunggulan secara instan membuat produk atau situs web pengiklan berada di urutan paling atas. Sedangkan kekurangannya, pengiklan harus membayar biaya periklanan yang bisa kita tentukan.

5. Berapa Anggaran untuk Memulai Google Ads?

Minimal anggaran untuk menggunakan Google Ads adalah Rp500,- berdasarkan beberapa faktor, di antaranya: keyword yang pengiklan gunakan, volume kompetisi keyword tersebut, dan kualitas landing page. Jenis biaya Google Ads antara lain biaya per 1.000 impresi, biaya per klik, biaya per konversi, dan biaya per tonton.

6. Apa Itu Ads Rank & Quality Score dalam Google Ads?

Ad rank adalah peringkat iklan yang Anda pasang, semakin tinggi nilainya maka posisinya semakin baik. Sedangkan quality score adalah peringkat dari Google untuk menentukan apakah iklan Anda relevan, sesuai, dan berkualitas (nilai 1-10).

7. Apa Itu CPM, CPC, dan CPV dalam Google Ads?

Pertanyaan umum tentang Google Ads, CPM adalah biaya per 1.000 tayangan, CPC adalah biaya per klik, CPV adalah biaya per tampilan.

8. Apa Fungsi Keyword dalam Google AdWords?

Untuk keperluan penargetan seperti pengguna berdasarkan usia, tempat tinggal, jenis kelamin, dan meminimalisir persaingan (volume) guna menghemat biaya.

9. Perbedaan Campaign, Ad Group, Ads, Extension dalam Google Ads?

Kampanye (campaign) adalah unit iklan, Ad Group adalah kumpulan unit iklan, Ads adalah hasil iklan, ekstensi adalah fitur yang membuat iklan menjadi efektif seperti call, sitelink, location, app, dan offer.

10. Apa yang Harus Dilakukan Jika Tidak Memiliki Situs Web dan Ingin Memasang Iklan di Google?

Untuk membuat akun Google Ads, Anda memerlukan alamat email dan situs untuk bisnis Anda. Meskipun tidak memiliki situs, Anda masih dapat beriklan di Google menggunakan kampanye Pintar, yaitu Google Ads versi default bagi pengiklan baru. Anda juga dapat membuat iklan pertama Anda hanya dalam 15 menit.

11. Apa Itu Ekstensi Iklan Google dan Apa Saja Jenis Ekstensinya?

Ekstensi iklan adalah fitur yang membuat pengeluaran biaya lebih efektif, jenisnya call, sitelink, location, app, dan offer.

12. Apa Saja Opsi Penargetan di Google Adwords?

Affinity audience, life events, audience in the market, custom audience, custom intent audience, remarketing, detailed demographics, customer match, dan similar audience.

13. Apakah Ada Pixel dalam Google Ads Seperti Halnya di Facebook?

Tidak ada, Google sudah menyediakan analisis untuk mengukur efektivitas iklan.

14. Perbedaan antara “Remarketing” & “Retargeting” dalam Ads?

Retargeting vs remarketing merupakan istilah yang akan kita temukan apabila menjalankan sebuah bisnis dan melakukan pemasaran. Retargeting adalah strategi marketing dengan fokus untuk mendapatkan kembali pelanggan dengan cara menempatkan iklan online kepada mereka yang sebelumnya sudah pernah melihat/ berinteraksi dengan iklan kita. Sedangkan Remarketing adalah strategi pemasaran dengan fokus utamanya adalah kampanye email yang bertujuan untuk melibatkan/ menjual kembali pelanggan yang pernah melakukan interaksi.

15. Cara Pembayaran dalam Google Ads & Facebook Ads?

Metode pembayaran Google Ads di antaranya kartu kredit dan kartu debit, transfer uang, kartu kredit cadangan, dan GoPay; sedangkan metode pembayaran Facebook Ads di antaranya transfer bank, rekening Doku Wallet, PayPal, OVO, Bank Mandiri, dan kredit iklan Facebook.

16. Perbedaan Google AdWords (Ads) dan Google Adsense?

Google AdWords untuk pengiklan, Google Adsense untuk penerbit.

17. Bagaimana Cara Menghitung ROAS (Return On Ad Spend)?

Cara menghitung ROAS dengan rumus ROAS = revenue campaign / cost campaign.

18. Apa Itu CPC (Cost Per Click) dan PPC (Pay Per Click)?

CPC adalah matriks biaya setiap iklan PPC diklik audiens, sedangkan PPC adalah biaya iklan yang dibebankan kepada pengiklan.

19. Perbedaan Smart Campaign & Advance Campaign dalam Google Ads?

Smart campaign adalah iklan default (sederhana) rekomendasi Google, sedangkan advance campaign adalah iklan dengan pengelolaan yang kompleks dan jenis serta fitur lengkap.

20. Cara Menghubungi Support Center Google Ads & Facebook Ads?

Support Center Google Ads nomor telepon (021) 50864444 atau LINE (https://lin.ee/8oOg9ZE), Support Center Facebook Ads nomor telepon (650) 5434800, pusat bantuan (https://www.facebook.com/help/), atau alamat email (https://portal.facebook.com/help/?ref=about.fb.com#help-center-email-us-modal-event).

21. Jenis Produk/Layanan Apa yang Harus Anda Iklankan di Google Ads?

Menentukan produk yang cocok iklan di Google Ads berdasarkan jenis iklan yang Anda gunakan.

22. Apa Itu “Quality Score” dalam Google Ads?

Quality score adalah peringkat dari Google untuk menentukan apakah iklan Anda relevan, sesuai, dan berkualitas (nilai 1-10).

23. Apa Saja Jenis Keyword Match dalam Google Ads?

Jenis keyword match dalam pertanyaan umum tentang Google Ads adalah Broad Match, Exact Match, Phrase Match dan Broad Match Modifier.

24. Bagaimana CPC Bids Berdampak pada Kualitas Google Ads Anda?

Peringkat iklan mempengaruhi urutan iklan di hasil pencarian, semakin berkualitas CPC Bids yang ditentukan maka peringkatnya semakin atas dan bagus.

25. Bagaimana Anda Mengukur Keberhasilan Kampanye Google Ads?

Menghitungnya dengan melihat CTR, yaitu akumulasi jumlah klik iklan dibagi dengan akumulasi jumlah impresi iklan tayang. Semakin tinggi CTR, misalnya 10%, maka semakin sukses.

26. 5 Kesalahan Umum dalam Google Ads?

Beriklan tanpa memahami margin keuntungan, tidak memperhatikan keyword target, tidak memantau pencarian iklan, tidak mengatur konversi, dan menawar biaya tinggi untuk tampil di urutan 1 tanpa tujuan pasti.

27. Cara Memeriksa Apakah Google Ads Saya Sedang Berjalan?

Iklan yang berjalan memiliki titik hijau di samping namanya.

28. Apa Itu Native Ads?

Pertanyaan umum tentang Google Ads, native ads adalah iklan mengikuti tampilan sesuai dengan format platform atau media beriklan.

29. Apa yang Wajib Kita Lakukan Sebelum Memulai Ads?

Menentukan target periklanan, perencanaan matang, riset keyword target, memanfaatkan bidding ads secara maksimal, evaluasi secara berkala.

30. Bagaimana Anda Dapat Meningkatkan Posisi Iklan Anda di Google AdWords?

Iklan yang berkualitas akan muncul di posisi atas. Perhitungan urutan posisi iklan di Google AdWords umumnya berdasarkan lelang RKT yang Anda harapkan, relevansi iklan, dan pengalaman kualitas halaman tujuan.

31. Apa yang Kita Lakukan Jika Ada Error atau Masalah dalam Ads Kita?

Anda dapat menghubungi Support Center Google Ads setelah mencari informasi memperbaiki error Google Ads (https://support.google.com/google-ads/editor/answer/9915033?hl=id) tetapi tidak ketemu.

32. Apa yang Perlu Kita Lakukan Jika Ads Terlalu Lama Tidak Berjalan atau Terlalu Lama Review?

Sebagian besar lama waktu tinjau ads di Google adalah 1 hari kerja, namun kemungkinan lebih lama review bisa saja terjadi karena beberapa alasan seperti iklan yang kompleks dan membutuhkan review lebih. Jika dalam 2 hari kerja belum ada perubahan status iklan, Anda dapat menghubungi Google (https://support.google.com/google-ads/contact/approval_request).

33. Bagaimana Cara Kerja Bidding dalam Iklan Google?

Cara kerja bidding iklan Google Ads adalah secara otomatis menemukan lelang iklan paling optimal untuk Anda, yaitu setiap kali iklan Anda memenuhi syarat Google untuk ditampilkan. Konversi bid bisa menjadi lebih tinggi maupun lebih rendah dari target Anda, namun Google tetap mencoba untuk mempertahankan biaya per konversi agar stabil dan sesuai target.

Itulah beberapa pertanyaan umum tentang Google Ads, semoga membantu!

#pertanyaanumumgoogleads #googleads #digitalmarketing

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *