7 Skill Digital Marketing Yang Wajib Dipelajari

7 Skill Digital Marketing Yang Wajib Dipelajari

Dunia dalam bisnis dan pemasaran telah berubah secara drastis dalam beberapa tahun terakhir karena adanya internet di mana pemilik bisnis harus mempertahankan eksistensi bisnis mereka online mereka untuk menjangkau audiens target mereka. Di era digital ini, ada banyak saluran untuk menjangkau dan terhubung dengan audiens dan calon pelanggan. Ada keterampilan dan saluran pemasaran digital yang sedang tren yang direkomendasikan untuk Anda pelajari:

  • Conten marketing
  • Digital Advertising /  paid advertising (PPC)
  • Search Engine Optimization (SEO)
  • Social Media Marketing (SMM)
  • Email Marketing
  • Affiliate Marketing

Content Marketing

Content marketing adalah elemen terpenting dalam pemasaran digital, tanpa adanya konten, anda tidak dapat menjalankan media sosial, blog, atau youtube Anda. Konten yang baik, berkualitas tinggi, dan relevan, dapat membantu keberhasilan kampanye pemasaran digital anda, konten tersebut meliputi teks, Grafik, video, podcast. Hal terpenting dalam pembuatan konten adalah relevansi dengan target audiens dan kreatifitas dalam konten tersebut. Namun, Anda memerlukan alat untuk membuat konten ini (foto, video, poster, podcast, dll) ada yang gratis dan juga berbayar. Platform Gratis dan berbayar dalam pembuatan konten:

  • Gratis: Canva, editor Pixlr, Photopea (untuk membuat poster), Imovie (apple)
  • Alat Berbayar: Adobe creative. termasuk Adobe Photoshop, Adobe Premier, Adobe Illustrator, Adobe after effect

Digital Advertising / Paid Advertising / PPC 

Digital Advertising adalah pembelian slot advertising di platform social media atau mesin pencari (search engine) seperti di Google, Facebook, Tiktok, dll. Ada 3 jenis iklan digital, yaitu:

  1. Search Ads: Google ads, Bing ads, yahoo, baidu (Untuk audiens China )
  2. Display Ads: Google ads, Facebook ads, Media.net
  3. Social media Ads: Facebook ads, Twitter ads, linkedin ads, and Google ads 
  4. video ads: Youtube ads

Search Engine Optimization

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimizer yang merupakan proses untuk mendapatkan “organik”, “gratis”, “alami”. lalu lintas dari mesin pencari seperti google, bing, atau Yahoo. Dengan mengoptimalkan SEO di situs web Anda, dapat menerima lalu lintas gratis/organik ke situs web Anda. Orang yang menggunakan mesin pencari untuk mencari informasi tentang apa yang mereka cari, seperti mencari produk, merek, atau informasi. SEO melibatkan beberapa kegiatan seperti penelitian kata kunci, optimasi baik di halaman maupun di luar halaman, aset yang dapat ditautkan, pembuatan tautan, dan sebagainya.

Tanpa ragu, SEO adalah jenis Pemasaran Digital yang paling penting. Cara SEO adalah dengan membuat peringkat halaman situs web lebih tinggi di halaman hasil mesin pencari (atau dikenal sebagai SERP) untuk meningkatkan visibilitas, otoritas, dan skor Alexa. Semakin tinggi posisi halaman, semakin tinggi aktivitas, lalu lintas, dan konversi pada halaman tersebut. Ada banyak alat yang dapat Anda gunakan untuk mengoptimalkan situs web Anda:

  • Platform gratis untuk riset keyword: Google Search, Yeast SEO (a tool for WordPress), Uber Suggest, Google Keyword Planner
  • Platform berbayar untuk riset keyword: MOZ Pro, SEM Rush pro,

catatan: gunakan platform gratis untuk pemula, hanya gunakan platform berbayar ketika Anda pro dan memiliki lalu lintas situs web yang besar

Social Media Marketing (SMM)

Media sosial jelas merupakan salah satu hal paling fenomenal yang terjadi di area digital yang dapat dimanfaatkan oleh pemilik bisnis dan pemasar digital untuk menciptakan kesadaran merek untuk produk dan layanan mereka. Melalui Social Media Marketing (SMM), pemasar digital dapat menjangkau pelanggan potensial yang sangat tertarget melalui keterlibatan langsung dan orang-ke-orang. Social media merupakan salah satu digital marketing skill yang penting untuk menjangkau audiens.

Pemasar digital, bagaimanapun, harus memilih jaringan sosial yang paling tepat untuk menghubungkan dan mempromosikan jenis bisnis mereka ke jenis audiens yang ditargetkan. Panduan sederhana tercantum di bawah ini:

  • Facebook – Anda dapat menjangkau hampir semua jenis konsumen umum, Anda hanya perlu mempelajari di grup dan halaman mana Anda menjadi target pelanggan yang sering dikunjungi di Facebook.
  • Twitter – Jika Anda mencoba mengembangkan bisnis baru dan ingin menjangkau pengguna awal, maka Twitter mungkin cocok untuk Anda, terutama dalam menghasilkan kesadaran merek yang cepat.
  • LinkedIn – Menjangkau para profesional, pemilik bisnis, dan prospek Business-to-Business (B2B) lainnya serta pelanggan yang ditargetkan, maka LinkedIn akan menjadi jejaring sosial yang sempurna untuk Anda.
  • Google+ – Ini adalah jejaring sosial lain yang bagus untuk menjangkau pengadopsi awal bisnis baru serta menjangkau pengguna media sosial B2B dan umum. Namun pemilik bisnis harus belajar bagaimana membuat kehadiran yang baik di Google+ karena ini mungkin merupakan faktor hebat yang akan mempengaruhi bagaimana SEO akan berperilaku dalam waktu dekat.
  • Pinterest – Jejaring sosial ini sangat bagus jika Anda berfokus pada visual untuk mempromosikan merek dan produk Anda. Mayoritas pengguna juga wanita jadi jika ini adalah pasar Anda, maka SMM di Pinterest akan bagus untuk bisnis Anda.

Email marketing

Email Marketing pada dasarnya adalah mengirimkan pesan atau penawaran komersial melalui email. Pemasaran email juga dimaksudkan untuk membangun hubungan dan mempertahankan loyalitas pelanggan saat ini dengan mengirimkan email penawaran atau produk baru kepada mereka. Salah satu hambatan signifikan bagi pengiklan email adalah perkembangan saluran spam yang stabil dalam program email. di antara alat pemasaran Email teratas (pihak ketiga):

Untuk memilih alat pemasaran email (pihak ketiga), Anda harus mempertimbangkan: ukuran daftar email, otomatisasi, integrasi, analitik, pengujian A/B, dan skalabilitas.

Affiliate Marketing

Sederhananya, pemasaran Afiliasi adalah pemasaran Afiliasi adalah proses mendapatkan komisi dengan mempromosikan produk orang lain (atau perusahaan). Anda menemukan produk yang Anda sukai, mempromosikannya kepada orang lain, dan mendapatkan sebagian dari keuntungan untuk setiap penjualan yang Anda lakukan. Anda akan mendapatkan komisi berdasarkan apa yang Anda jual. Setiap program pemasaran afiliasi memiliki pedoman, kontrol, dan prasyaratnya sendiri agar dealer diakui dan tetap berada dalam program. Banyak pemasar afiliasi akan memberikan konten unik mereka sendiri selain layanan atau produk afiliasi untuk membangun perkiraan kesepakatan.

  • Affiliate: yang menghasilkan uang dengan mempromosikan produk dan mendapatkan komisi
  • Merchant Affiliate: Merchant yang ingin menjual produknya melalui afiliasi. Jaringan pemasaran Afiliasi teratas untuk pedagang: Cj Affiliate, Rakuten marketing, Clickbank.

Riset dan Analisa

Salah satu Digital Marketing Skill yang wajib dipelajari adalah memehami bagaimana cara menganalisis dan menafsirkan data pemasaran digital kita. Menganalisis data untuk memahami dan mengetahui apakah kita mencapai ROI atau tidak. Google telah menyediakan banyak platform gratis untuk digunakan untuk menganalisis situs web dan alat untuk membantu melacak audiens:

  • Google Analytics
  • Google Search Console
  • Social Blade

Baca lebih banyak lagi tentang Digital Marketing Skill di blog digital marketing untuk pemula

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *