Ternyata Mudah, Begini Cara Memulai Facebook Ads & Google Ads

Ternyata Mudah, Begini Cara Memulai Facebook Ads & Google Ads

Sebagai pemilik bisnis, hal apa yang pertama kali terlintas dalam pikiran Anda ketika melihat banyak pesaing yang menggunakan Facebook Ads dan Google Ads? Sudah pasti untuk kebutuhan pemasaran atau marketing. Kalau ingin menjangkau calon pembeli potensial di seluruh Indonesia, maka Anda harus memanfaatkan fitur satu ini.

Kelebihan Facebook Ads dan Google Ads Online yang Harus Diketahui

Kedua media iklan ini mampu memberikan keuntungan, terutama dalam hal meningkatkan penjualan. Baik facebook ads maupun google ads sama-sama punya jumlah pengguna aktif yang berlimpah dan terus meningkat dari tahun ke tahun. Ada beberapa kategori iklan yang bisa Anda pilih dengan tujuan tertentu, apakah untuk impression, lead, traffic, dan lain sebagainya. Lebih menguntungkan lagi karena pengguna dalam menentukan target iklan sespesifik mungkin. Anda bisa mengkategorikan target audiens berdasarkan minat dan hobi, usia, serta lokasi. Nah, bagaimana langkah memulainya? Simak informasi berikut.

Cara Membuat Facebook Ads

Facebook Ads merupakan media beriklan yang ditujukan kepada pengguna Facebook sebagai audiens nya. Layanan ini efektif untuk berbagai tujuan marketing karena bisa mendapatkan trafik, melakukan pembelian, mengumpulkan lead, hingga mengajak target audiens untuk mendownload aplikasi yang diiklankan. Tujuan marketing bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Biayanya pun terjangkau mulai dari 10 ribu rupiah saja. Facebook Ads juga menambahkan fitur pengoptimalan anggaran iklan sehingga Anda dapat memaksimalkan jangkauan iklan tanpa harus bayar mahal. Jenis Facebook Ads diketahui ada 6, diantaranya ada koleksi, instant experience, carousel, slideshow, facebook video Ad, dan facebook photo ad. Berikut ini langkah-langkah memulai Facebook Ads.

  1. Pastikan Anda telah membuat Facebook Pages untuk bisnis. Lengkapi informasi yang dibutuhkan baru bisa membuat Facebook Ads.
  2. Buka laman Facebook Ads Manager dan login dengan akun yang sama seperti Anda pakai untuk membuat Facebook Pages bisnis.
  3. Pilih menu pembuatan iklan terpadu untuk iklan yang lebih spesifik.
  4. Selanjutnya tentukan tujuan dari iklan. Anda bisa memilih salah satu dari tiga kategori, yakni konversi, pertimbangan, dan kesadaran.
  5. Klik tujuan iklan dan pilih jenis iklan Facebook. Saat ini ada lima jenis yang diketahui, yakni Cost Per Mille (CPM), Cost Per View (CPV), Cost Per Like (CPL), Cost Per Action (CPA), dan Cos Per Click (CPC).
  6. Kemudian tulis nama iklan dan pilih tujuan trafik.
  7. Tampilkan promo dan tentukan target audiensnya.
  8. Anda dapat menentukan penempatan iklan, memilih jadwal dan format iklan yang ditampilkan.
  9. Buat teks, pilih gambar dan masukan judul yang ingin ditulis, kemudian tambahkan tautan.
  10. Bayar iklan Facebook Ads.

Cara Memulai Google Ads

Setelah mengetahui cara memulai Facebook Ads, kini saatnya Anda mempelajari cara memulai Google Ads yang juga banyak digunakan pebisnis sekarang. Dengan menggunakan fitur ini, Anda dapat memunculkan iklan di hasil pencarian search engine tersebut untuk keyword spesifik yang sesuai bisnis. Silahkan ikuti panduan berikut untuk mencobanya.

  1. Buka dan buat akun Google Ads.
  2. Pilih goal dari iklan yang paling cocok dengan bisnis.
  3. Pilih jangkauan wilayah konsumen yang ditargetkan.
  4. Pilih kategori audiensi iklan.
  5. Buat copy iklan untuk paid. Minimal headline 30 karakter dengan isi sampai 80 karakter.
  6. Masukan foto produk atau layanan bisnis (opsional).
  7. Tentukan budget iklan. Google Ads menerapkan pembayaran berdasar Pay Per Click (PPC).
  8. Pilih metode pembayaran via transfer bank atau kartu kredit.

Demikian cara memulai Facebook Ads dan Google Ads bagi pemula yang ingin belajar beriklan secara online. Semoga membantu memudahkan Anda dalam menjangkau target konsumen, ya.

Silahkan baca artikel seputar digital marketing lainya blog ini

#belajarmarketing #belajardigitalmarketing

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *